Selasa, 03 Mei 2011

Anthurium

  

Klasifikasi ilmiah
Kingdom   : Plantae
Ordo          : Alismatales
Family       : Araceae
Genus        : Anthurium

 Anthurium termasuk tanaman dari keluarga aracheae, dan tanaman ini masih berkerabat dengan tanaman hias Aglaonema, Phylodendron, Keladi hias dan Alokasia. Anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak, diperkirakan ada sekitar 1000 jenis marga Anthurium.

Daya tarik utama dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik dan bervariasi. Umumnya Anthurium berdaun hijau tua dengan urat dan tulang daun yang besar dan menonjol, sehingga tanaman ini tampak kekar namun tetap anggun, sehingga berkesan mewah dan eksklusif.

Trik merawat Anthurium
Keindahan daun dan bunga Anthurium harus selalu terjaga agar selalu indah untuk dipandang.
Perawatan Anthurium daun dianggap lebih mudah, karena pada Anthurium daun perhatian kita hanya tertuju pada daunnya saja, sedangkan pada Anthurium bunga perhatian kita tertuju pada bunga dan juga daunnya.

Yang harus diperhatikan pada perawatan Anthurium adalah mengenai media tanamnya, karena media tanam sangat penting dan berpengaruh pada perkembangan akar. Media tanah kurang bagus untuk tanaman ini, karena tanah akan banyak mengikat air sehingga akar Anthurium akan sulit untuk berkembang.

Media tanam yang bagus sebaiknya menggunakan campuran sekam bakar dan pakis cacah, tujuannya agar akar mudah tumbuh dan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga akar akan tumbuh dengan mudah, dan dengan media campuran ini akan menghindarkan akar Anthuriun dari serangan jamur yang sering menyerang bagian akar.

Sesuaikan besar tanaman dengan besar media pot,jangan sampai tanaman yang besar masih ditempatkan pada pot yang kecil, gantilah media dengan ukuran yang lebih besar jika ukuran pot dirasa sudah terlalu kecil, pemindahan ini bertujuan agar akar dapat tumbuh dengan baik.

Anthurium sangat disarankan agar ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena daun Anthurium akan sangat mudah terbakar sinar matahari dan akan menguning bila terlalu lama terkena sinar matahari. Maka tempat yang teduh seperti beranda rumah, teras belakang rumah, atau ruang keluarga sangat cocok untuk penempatan tanaman ini.
Untuk penempatan Anthurium di taman, sebaiknya ditempatkan berdekatan dengan pohon yang cukup besar untuk menaunginya.
Untuk Anthurium yang ditempatkan di dalam rumah, sebaiknya setiap 1-2 minggu sekali dikeluarkan di pagi hari, agar bisa terkena sinar matahari secara langsung, cukup selama 10-15 menit saja.

Penyiraman Anthurium cukup dilakukan 2-3 hari sekali, karena kelebihan air kurang bagus untuk pertumbuhan tanaman ini, sedangkan pemupukan bisa menggunakan NPK secara rutin sekitar 2-3 minggu sekali dengan dosis 2 gram per liter air. Hati hati dalam menggunakan larutan pupuk ini, jangan sampai mengenai daunnya, karena bila terkena daun akan menguning dan kering.

Bila penanaman dan perawatan Anthurium dilakukan dengan baik dan benar, maka kita akan memiliki Anthuriun dengan daun dan bunga yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar